Minggu, 08 Maret 2015

ber-Wisata Sejarah di Museum Benteng Vredeburg

Awalnya saya dan suami tidak menjadikan Benteng Vredeburg ini sebagai destinasi wisata kami selama di Yogyakarta. Tapi, karena kebetulan kami mengunjungi Taman Pintar yang persiiiis ada di sebelah Benteng ini, okelah...., apa salahnya mencoba mampir sejenak???

Kami masuk lewat pintu belakang (karena praktis kalo dari Taman Pintar, hehehe), dan agak sangsi saat loket-nya sepiiii, seperti tak ada pengunjung yang mau datang kesana. Ditambah lagi, harga tiket masuk-nya yang super duper murah. Hanya 2.000 per orang !!!

Tapi, keraguan itu seketika sirna saat kami memasuki pintu gerbang benteng belakang. Halaman utama yang begitu luas, rumah-rumah khas gedongan yang masih terawat dengan apik, dan dikelilingi dengan pagar tembok yang begitu kokohnya. Subhanallah...., seakan-akan mengajak kita untuk ikut merasakan suasana perjuangan kala itu.









Satu yang selalu saya dan suami kagumi tiap kali melihat rumah khas gedongan, yakni desain-nya yang terlihat sederhana namun sangat membumi sekali. Jendela-jendela yang lebar, daun pintu yang menjulang ke atas, pagar batu rendah untuk duduk-duduk di teras, atap-atap yang tinggi. That's simple...., but gorgeous for me.
*seketika langsung inget rumah-rumah gedongan di gn.dubbs Balikpapan, juga di Jl. Ijen Malang. Desainnya selalu sama, dan yang pasti, sangat memperhatikan ventilasi





Kami juga menyempatkan untuk naik ke atas bentengnya dan membayangkan saat-saat terjadi penjajahan dulu. Yah...., kita generasi muda *cieeeh* kadang sering nggak ngeh dengan masa-masa perjuangan, ehm..., seperti kurang peka akan perjuangan generasi lama yang membangun negara ini.
*ini kenapa saya jadi ngelantur ngebahas ini yak?maap...maap....mengunjungi wisata sejarah kadang bisa membuat saya menjadi (sok) nasionalis ^^

Senang rasanya bisa mengunjungi museum benteng vredeburg ini, mengajak anak-anak berkeliling situs sejarah, dan menikmati kesunyian di tengah hiruk pikuk kota Yogyakarta yang ramai (baca: macet).


Benteng Vredeburg tampak depan
image gambar dari sini




2 komentar:

Arifah Abdul Majid mengatakan...

Wah, ini liburan murmer ya mak, tiket masuknya murah banget :)

Ummu SaLaamah mengatakan...

iya mbak...liburan yang murmer banget buat keluarga hehe...
maaf baru aktif kembali setelah sekian lama menghilang dari peredaran ^^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...