Senin, 06 Mei 2013

Travelling ke Blitar naik Kereta Api

Kali ini saya mau cerita-cerita tentang travellingnya keluarga saLaamah ke Blitar dengan naik Kereta Api.
Naik apa ?????
Kereta Apiiii...... !!

Sebenernya travellingnya ini udah agak lama, sekitar bulan februari atau maret kemaren. Gara-garanya, adik saya yang sudah berputra 1 (9bulan lebih muda dibanding Ukasyah), cerita ke saya kalo dia sekeluarga mau jalan-jalan naik KA. Nggak jauh-jauh, cuma rute Malang-Kepanjen.


Nah, begitu saya cerita ke Abu saLaamah, nggak nyangka kalo Abu saLaamah langsung tertarik buat ikutan. Apalagi naek KA sekarang, walopun KA super duper Ekonomi, tapi bisa dapet tempat duduk (nggak umpel-umpelan lagi kayak jaman baheula).
Tapi, sedikit berbeda dari adik saya, kami sekeluarga memutuskan untuk ngambil rute yg agak panjang, yakni Malang-Blitar. Soale tanggung kalo cuma sampe Kepanjen aja, lha wong hari-hari Abu saLaamah PP Malang-Kepanjen koq, hohohoho......

D-day, hari Sabtu pagi, anak-anak udah semangat semua karena udah nggak sabar pingin naik KA. Boncengan berlima naek motor (hahaha...., jangan dibayangin kayak gimana gambarannya), kami berangkat ke Stasiun KA Blimbing.

Alhamdulillah, jarak dari rumah ke Stasiun Blimbing deket banget, makanya Abu saLaamah maunya naek motor aja (ditambah lagi, ada penitipan sepeda motor, tapi nggak ada penitipan mobil).

Nyampe stasiun, tuh KA blom nongol. Yang muncul duluan KA jurusan Surabaya. 

Sambil ngisi waktu, Abu saLaamah ngajak Ukasyah ke WC, biar ntar di KA nggak beribet ke toilet.
Nah....., pas mereka berdua lagi di WC, KA yg mau kita tumpangi dateng.
Sama pak satpam penjaga karcis, disuruh ndang naik. "Keretanya langsung jalan loh, bu...." gitu katanya pak satpam.
"Lha....., suami saya masih di WC...." ujar saya (dengan wajah polos).
Beneran aja, nggak sampai 5 detik, tuh KA udah mulai bergerak pelan.
"Nggak bisa nunggu bu, kalo kereta......" kata kepala stasiun. (emang kendaraan pribadi,bu?!)

Yahhh....., lemes deh  -_-

Antara bingung, sedih ngeliat saLaamah dan naaiLah yg bolak balik nanyain koq nggak jadi naik KA.
Alhamdulillah...., mas-mas penjaga sepeda motor ngasih saran buat cepet2 ngejar KA si Stasiun KA Malang Kotabaru, karena pasti KA ekonomi berhentinya agak lama (apalagi klo harus nunggu KA eksekutif lewat).

Dan, akhirnya kami berlima cepet2 ngejar KA. Bukan ke Stasiun Kotabaru, tapi ke Stasiun Kotalama sekalian (setelahnya stasiun Kotabaru. Alhamdulillah...., ada 3 stasiun di Malang ini, jadi tinggal pilih, hehe)


Alhamdulillah......, baruuuuu aja nyampe di stasiun Kotalama, tuh KA juga barusan dateng (mungkin disertai pandangan masinis yg heran, "nih ibu-ibu cepet juga ngejarnya", hehehe.... just my imagination)


Buru-buru deh kami masuk ke gerbong KA, karena di stasiun ini, KA yg kami naiki nggak berhenti lama juga. (Jadi inget lirik lagunya 'Naik Kereta Api' => "keretaku tak berhenti lamaaa...." ^_^)


Dan bener sodara-sodara, naik KA ekonomi kali ini nggak sepenuh sesak kayak jaman dulu. Emang sih, masih banyak orang-orang yang tiketnya nggak dapet tempat duduk (ato malah nggak punya tiket?), tapi begitu kita ngasihtau kalo kursi itu sesuai nomor tiket kita, biasanya mereka langsung ngalih dan nyari kursi kosong lainnya koq (kecuali klo emang orang itu nggak tau malu!).

Dan lagi, sekarang udah banyak mas-mas petugas KA yang wira-wiri di setiap gerbong, jadi kalo ada apa-apa, tinggal laporin aja ke petugasnya.

Pfuuuh...., rasanya lega setelah tadi sempat berkejar-kejaran dengan waktu. Aseli, saya harus sampe ngeliatin rel perlintasan terus, takut-takut kalo ketinggalan kereta, hehehe....


Aanak-anak ?? Bisa dibayangin gimana senangnya mereka setelah akhirnya berhasil naik KA. Setelah seringnya cuma ngeliat KA melintasi rel atau cuma ndengerin suara KA yg melintas (kalo dari rumah saya, kadang sering kedengeran suara KA di perlintasan rel Arjosari). 



cr: semboyan45.com

Langsung heboh ngeliat pemandangan dibalik kaca jendela KA, yg notabene sawah-sawah ^_^
Yang paling seru....., tentu saja saat harus melintasi jembatan rel yang puanjaaang sewaktu menyebrangi sungai antara Malang-Blitar.
Kemudian saat harus melintasi terowongan bawah tanah, yang otomatis keadaan langsung gelap gulita, hanya mengandalkan lampu dari gerbong.

Perjalanan Malang-Blitar ditempuh kurang lebih 3 jam. Aseli pegel duduk terus di KA (ngalah-ngalahin Surabaya-Balikpapan yang cuma 1 jam, tapi naek pesawat, hehehe.....).

Nyampe Blitar, sempet kayak keluarga kesasar, yang bingung mau kemana. 
(Lhah...., nggak punya sodara di Blitar. Dan lagi nggak bisa lama-lama karena KA yg buat pulang, berangkatnya jam 1 siang).

So, waktu 2 jam-an ini rencananya mau kita habiskan ke Kebun buah Belimbing.

Alhamdulillah, ketemu abang becak yg kenal dengan pemilik kebun Belimbing. Jadi kita dianterin langsung ke kebunnya dan bisa beli dengan harga yg muraaah banget.
Di kebun Belimbing itu, Belimbingnya terkenal guede-guede, mana nggak ada yg bolong-bolong lagi. Jadi Abu saLaamah langsung mborong deh.
Blom lagi bibit pohon Belimbing buat ditanam di rumah.
"Mas...., nggak inget ya kalo kita tadi naik motor? Mana stasiun Kotalama ke rumah jaraknya jauh," kata saya.
eeeeh...., Abu saLaamah cuma ketawa aja -_-

Setelah puas ke kebun Belimbing, kami balik lagi ke Stasiun Blitar. Masih ada waktu 45menit lagi sebelum keberangkatan. Nggak apa-apalah, daripada ketinggalan kereta lagi, hehehe.....


Jam 1 siang, KA yang kami tunggu pun datang. Nggak pake lama, kami pun segera naik ke gerbong.

Anak-anak, dalam waktu yg tidak begitu lama, langsung tertidur pulas. Rupa-rupanya capek dengan petualangan kami kali ini.

Kami menuju Malang, yang sedang diselimuti awan hitam gelap (saat itu memang sedang musim hujan).

Benar saja, begitu masuk Kepanjen, hujan turun dengan derasnya. Alhamdulillah.....,

Yang jadi masalah, gimana caranya membawa borongan buah Belimbing plus bibit pohon dengan naik motor berbonceng lima? Mana hujan duereeesss lagi.

Yahhh..., akhirnya suamiku yang tercinta bersedia untuk pulang duluan hujan-hujanan naik motor, trus abis itu kami dijemput naik mobil.
Horeeeee !!!! Jazakumullohu khoyr ya mas ^_^

hmmmm....., ujan deres gini, enaknya makan tempe menjes goreng tepung anget-anget plus cabe rawit yang dijajakan didepan stasiun.

Dan...., kami berempat pun ngemil dengan lahapnya, Alhamdulillah -_-

4 komentar:

Ummu Aisyah mengatakan...

MasyaAllah...terus naik becaknya sebecak berlima juga kah um? hehe..

Seru ya di sana bisa jalan-jalan pake KA.

Berhubung di Sukabumi ga aktif lagi KAnya, ga bisa ikut2an traveling pake KA nih klo pulkam. Bisanya cuma keliling komplek naik andong langganan aisy aja.

~senyum2~

Ummu SaLaamah mengatakan...

sebenernya....., iya umm, hehehe....
Alhamdulillah tukang becaknya kuat ngangkut kami berlima, plus beberapa plastik isi belimbing dan bibit pohon.

Alhamdulillah..., ini juga kali pertama anak2 naik KA koq umm
Klo pas anti mudik, aisyah dibawa jalan2 naik KA ke Malang aja umm, naik KA Malabar

Ummu Aisyah mengatakan...

MasyaAllah...kuat juga ya tukang becaknya.

Kira2 berapa jam perjalanan ya dari Bandung ke Malang pakai kereta??? Sebetulnya ana mau aja um ajak Aisy naik kereta walau harus ke Bandung atau ke Bogor dulu, Qaddarullah Abu Aisyahnya ga tahan perjalanan jauh (suka mabuk) jadinya ke Pelabuhan Ratu yang masih di kab. Sukabumi aja belum pernah berangkat sama2, hehehe...

Untungnya beliau masih rela menahan mabuk selama perjalanan dari Samarinda-Balikpapan dan Jakarta-Sukabumi (dengan bekal antimo). Alhamdulillah 'ala kulli hal ~senyum~

Ummu SaLaamah mengatakan...

na'am umm, Alhamdulillah kuat tukang becaknya. Padahal ana sempet kasian, tapi beliaunya kekeuh bilang gpp.

ehm, bandung-malang..., ana blom tau lama perjalanannya klo naik KA.
Klo misal Malang-Jogja (yg ada ditengah2) itu sekitar 8jam-an, mungkin klo ke bandung bisa sekitar 15jam-an umm, Allohua'lam....,

Lama ya,hehehe....emang KA bukan transportasi yg pas bagi orang yg nggak tahan perjalanan jauh. Seperti abu saLaamah yg prefer naik pesawat dibanding naik KA klo dari Jakarta-Malang.
Blom lagi kondisi toilet di KA yang ..... (isi sendiri deh umm, hehehe)
Baarokallohu fiik,

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...