Jumat, 17 Mei 2013

Episode Periksa Kandungan

Senin kemarin, adalah jadwal kontrol bulanan saya ke dokter kandungan. Setelah janjian nomor antrian di bulan sebelumnya dan Alhamdulillah mendapat nomor antrian pertama. Kali ini, anak-anak semua pingin ikut nemenin saya kontrol, karena bulan sebelumnya mereka nggak ikut karena udah pada tertidur pulas (bayangin aja, lha wong saya kontrol jam sepuluh malam koq, hohoho.....).

Ya sudahlah, berhubung kali ini dapet giliran pertama alias belum terlalu malam (mulai praktek jam 7 malam, ba'da isya), anak-anak saya ajak semua.


Di mobil, semua heboh mbahas si calon adik bayi mereka.
"ummi...., emang adik udah bisa diliat? emang gambarnya kayak gimana?"
"nanti adik cewek ato cowok, mi?"
dan...., sederet pertanyaan lainnya.

Sesampainya kami di Klinik tempat saya periksa, saya disambut dengan kabar mengejutkan.
"Maaf bu, dokter-nya sudah tidak praktek disini lagi." 
Dueeng !!!! Sesaat saya rada blank....., beneran nih? koq mendadak?
"Mulai kapan dokternya nggak praktek disini mbak?" tanya saya.
"Mulai tanggal 15 bulan kemarin."
Lhaaaah....., berarti hanya berselang 3 hari dari jadwal kunjungan saya sebelumnya, tanggal 12 April. 

Asli campur aduk perasaan saya (lebaydotcom). Tapi (lagi-lagi) suami hanya menanggapi dengan santai.

"Telpon aja dokternya dek", atau "Nggak nanya tu dokter sekarang praktek dimana?" dll.
Saya yang masih shock, langsung mencoba menelpon sang dokter. Qodarullohu, nomor handphone-nya nggak aktif.
Karena mbak-mbak bagian resepsionis nggak tahu sekarang dokter kandungan ini praktek dimana, akhirnya saya menelpon RSIA tempat saya lahiran dulu (masih satu yayasan sih sama klinik-nya).
Alhamdulillah, walopun sang dokter inipun juga nggak lagi praktek di RSIA ini, tapi saya udah dikasih jawaban, dimana tempat praktek sang dokter, yang tidak lain adalah di rumahnya si dokter itu sendiri !!!

Sepanjang perjalanan menuju (pencarian) rumah sang dokter, saya terus berpikir. 

"Tumben koq mendadak pindah tempat praktek, ada apa sih?"
"Ni dokter termasuk dokter yang antriannya paling puanjang di Klinik tempat saya periksa (bahkan hingga jam 1 malam -inget sehari sebelum lahirannya Ukasyah, masih ketawa ketiwi sama sang dokter gara-gara dokternya guyon sama saya, nggak bolehin Abu SaLaamah dinas ke Surabaya dulu, eh Qodarullohu besoknya saya lahiran, hehehe....). Bahkan banyak yang rela antri hingga larut. Tapi kenapa nggak praktek disini lagi?"

dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang berkelebat di kepala saya, sampai-sampai saya nggak begitu perhatian sama Ukasyah yang lagi rewel di kursi belakang.


Mulailah pencarian kami ke sebuah jalan yang disinyalir rumah sang dokter ada disini (Alhamdulillah, kalo di Malang nama jalan dikelompok-kelompokkan. Misalnya di sebuah daerah nama jalannya buah semua, ada yang namanya gunung semua, ada yang namanya bunga semua, dll. Jadi lebih memudahkan pencarian).

Begitu nanya sama pak satpam lingkungan situ, beliau bilang nama jalannya nggak ada di lingkungan situ (yang nama buah-buahan), tapi ada di lingkungan yang nama jalannya gunung-gunung. Gubraaaksss !

Akhirnya kami muter-muter nggak karuan nyari nama jalan rumah sang bu dokter. Sampe nelpon adik suruh buka google maps segala lagi, hehehe.....

Alhamdulillah, Abu saLaamah nggak ngomel apapun pas harus blusukan nyari rumah, padahal saya tau beliau lagi banyak kerjaan, bahkan tadi kerjaan kantor pun dibawa pulang buwat dikerjain dirumah.

Setelah jam sudah menunjukkan pukul setengah sepuluh malam, akhirnya kami berhasil menemukan rumah bu dokter, walhamdulillah. Eh...., tapi koq sepi ???? Nggak ada tanda-tanda seperti ada praktek dokter dan semacamnya. Pfuuuuh, lemes deh. Hari itu, jadwal kontrol saya gagal. Alhamdulillah 'ala kulli haal....,


Akhirnya, kami pulang ke rumah dalam kebisuan (maksudnya, semua pada duduk diem). Anak-anak, mungkin udah pada ngantuk. Sementara kepala saya masih dipenuhi banyak pertanyaan.

"Kenapa nggak nyari alternatif dokter lain aja dek?" tanya Abu saLaamah.
Duh...., nggak deh. Udah kadung cocok sama bu dokter satu ini.

Keesokan paginya, sehabis nganter anak-anak sekolah, berbekal ingatan semalem (plus peta yang saya gambar dirumah), berangkatlah saya ke rumah bu dokter.

Alhamdulillah, ketemu sama mbak pembantu. Dari hasil tanya-tanya, ternyata emang bener bu dokter ini udah praktek dirumah sendiri, karena lumayan juga kan, nggak perlu capek-capek (sampe dini hari) keluar rumah buat praktek. Dari si mbak ini, saya dapet nomor telpon asisten bu dokter yang ngurusin jadwal antrian kontrol.

Malam itu pula saya kontrol dianter suami. Sebenernya dapet antrian nomor 20 keatas, yang berarti bisa lewat jam 12 malem (pfuuuh....,). Tapi Alhamdulillah, pas sekitar jam setengah 11, saya ditelpon sang asisten dokter dan disuruh dateng berhubung lagi kosong.


Pas nyampe sana, ternyata emang bener-bener nggak ada antrian, hanya ada sepasang pasutri yang lagi didalam ruangan (padahal di luar pagar cukup rame loh, ada pak satpam, tukang parkir sampe bapak-bapak yang sekedar duduk-duduk, hehehe....). Kalo diliat-liat, ruangan praktek ini cukup besar, bersih lagi. Kalo saya yang jadi dokternya, saya pun akan berpikiran sama => mending praktek di rumah ^_^


Dan Alhamdulillah....., nggak pake duduk lama, tibalah giliran saya masuk. 

"Pasti kemaren nyariin ya?" tanya bu dokter
Hehehe...., ya jelaslah bu, lha wong kemarin mestinya saya antrian nomor 1 .
"Saya nelpon mbak koq nggak bisa ya?" tanya bu dokter
"Loh..., saya juga nelpon dokter nggak bisa." jawab saya.
Ternyata, nomor handphone kami udah expired semua alias ganti, hehehe....., tanpa ada pemberitahuan masing-masing. Ya udah, akhirnya sebelum acara USG, malah jadi tukeran nomor handphone dulu.

Yah, begitulah pengalaman 2 hari saya demi periksa kandungan. Lumayan menguras fisik sih, tapi Alhamdulillah.


Seperti pertanyaan suami sebelumnya, "kenapa sih nggak nyoba dokter lain? secara dokter kandungan wanita di Malang ini lumayan banyak (dibanding di Balikpapan dulu)."

Hmmm, gimana ya jawabnya? Karena saya emang udah jatuh hati dengan bu dokter SpOG yang satu ini. Alasannya,
1. Orangnya ramah banget, sering bicara dengan bahasa halus (bahasa kromo)
2. Informatif. Percuma kan kita USG kalo dokternya sama sekali nggak informatif. Maksudnya, cuma ngasihtau sekilas abis itu ngasih resep, dll. Kalo bu dokter satu ini nggak. Dia sama sekali nggak pelit informasi. Apa aja yang bisa dia ketahui lewat USG, dia akan ngasihtau kita. Makanya kadang suka lama di ruangan, hehehe....,
3. Enak buat ditanya-tanya atau konsultasi, dari pertanyaan sepele sampe pertanyaan yang berbobot.
4. Selalu menyemangati ibu hamil. Yah, yang namanya ibu hamil itu kan pasti bawaannya khawatir, apalagi terhadap si jabang bayi. Nah, bu dokter satu ini nggak pernah ngasih statement yang bikin kita malah down. Dia selalu menyuruh kita untuk selalu berpikir positif terhadap kehamilan kita. Nggak pernah ngomong pantang ini pantang itu, nggak boleh ini nggak boleh itu (dalam kasus kehamilan normal loh ya....). Jadinya kita, si ibu hamil ini, akan lebih enjoy menikmati kehamilan.
5. Selalu men-support persalinan normal, kecuali untuk kasus tertentu yang memang membutuhkan tindakan caesar.
6. Nggak pernah memaksa kita untuk minum suplemen ini itu, atau memaksa untuk ikut KB. Pas abis saya lahiran Ukasyah dulu, bu dokter cuma nanya, "pake KB ato nggak, mbak?" saya jawab aja, "pake kalender aja, dok...." hehehe....
Hmmm...., apa lagi ya? sepertinya sih masih banyak lagi yang bikin saya betah periksa di bu dokter ini.

Kekurangannya cuma 1. Apa itu ?

Antrinyaaaa !!!!!
Duh, asli deh suka mumet duluan kalo ngeliat antriannya yang bisa lewat tengah malem.
Tapi Alhamdulillah, karena saya udah kenal sama bu dokter ini (gimana nggak kenal, udah ketemu sejak jaman periksa kehamilannya naiLah ^-^), jadi saya bisa pesen antrian lewat bu dokternya langsung (kalo ini dari jaman kehamilannya Ukasyah), hohoho......,


Dan, dalam perjalanan pulang menuju rumah, saya pun bisa tersenyum lega...,



16 komentar:

Ummu Aisyah mengatakan...

Heuheu.. Ummu Salamah ini tipe wanita setia ya.. Cocok ma Abu Salamah yang penyabar. ~senyum~

Terus kabar adek dalam kandungannya ga diceritakan kah um? Setelah kemarin sempat kurus apakah berpengaruh terhadap kondisi janin?
hehe.. afwan klo ana jadi terlalu ingin tahu. Buat nambah2 wawasan seputar kehamilan juga. Alhamdulillah hbs curhat ma anti kemarin ana nda ragu lagi buat hamil. Jadi lagi coba praktekan macam2 tips biar bisa cepat hamil. Um ada saran?

Jazaakillahu khairan atas semua sharenya.

Baarokallahu fiikum

Ummu SaLaamah mengatakan...

hehehe..., ummu aisyah ini ada2 aja. kalo nggak setia bisa bubar jalan dari dulu umm, wal iyadzubillah...

Alhamdulillah, dedek bayinya sehat umm, dan semoga selalu sehat serta senantiasa dalam lindungan-Nya, aamiin.
Ternyata umm, pas kemarin periksa itu, ana malah naik 2 kilo!!
hehe..., aneh ya, apa karena efek pake Abaya juga ya? Allohua'lam.

Na'am umm, nggak usah ragu, jalani aja dengan enjoy, tawakkal.
klo ditanya tips2 hamil, ana malah bingung umm, hehe...lha yang ini aja qodarullohu tau-tau hamil, walhamdulillah....,

Tapi dulu ana sempet pas pingin hamil saLaamah (ana sehabis nikah ada selang 5bulan baru hamil umm), ya itu jangan terlalu capek, merhatiin kondisi makan/minum, juga menghitung masa subur. Kayaknya sekarang ada dijual tes kesuburan kan umm? Jadi kita bisa tau kapan kira-kira masa subur kita, Allohua'lam.
Yang terpenting doa umm ^_^

Afwan ngasih tips-nya sederhana banget ya umm, tapi semoga bisa membantu.
wa fiika baarokallohu

Ummu Aisyah mengatakan...

Maksud ana setia dalam hal lain juga um, termasuk dalam hal periksa di dokter kandungan. Kalau ana mah biasanya pilih periksa di bidan aja karena dokter kandungan wanita di samarinda terbatas dan super padat antriannya. Pengennya c nda ngerepotin zaujy, tapi di bidan juga ada kekurangannya. Jadi insyaAllah setelah Ramadhan nanti mau cek kondisi rahim ke dokter kandungan. Mudah-mudahan prosesnya ga memberatkan zaujy, hehe..

Wah sama dong um, waktu hamilnya Aisyah juga ana selang 5 bulan baru hamil. Oia, ana pernah dengar alat tes kesuburan cuma lupa. kemarin coba hitung masa subur pake kalkulator kesuburan aja c um, tapi sepertinya tidak terlalu akurat karena ana ritme haidnya ga selalu sama tiap bulannya. Jazaakillahu khairan atas saran dan masukannya, insyaAllah mau langsung dipraktekan. Alhamdulillah ana juga udah naik 3 kg habisnya praktekan resep Ummu hana kemarin.

Kita saling do'akan ya um..

Baarokallahu fiikum.

Ummu SaLaamah mengatakan...

na'am umm, cuman guyon koq..., hehehe...

na'am, kalo di kalimantan memang rata2 masih terbatas ya SpOG ceweknya. Makanya ana dulu pas hamil saLaamah periksanya ke bidan, tapi nggak tau ya, jadinya kurang lengkap aja informasi yang didapat.
Trus pas hamil naiLah kan ana pindahan ke Malang, awalnya juga periksa ke bidan deket rumah, tapi mendapat perlakuan yg nggak enak banget (bukannya mestinya bidan itu ngayomi ibu hamil ya? hehehe....)

Alhamdulillah...., di malang sini buanyaaak umm SpOG cewek, menjamur banget. Hampir tiap RSIA, ato klinik bersalin pasti ada SpOG cewek.

Oh, nggak akurat ya? ana sih nggak pernah make alat tes itu, soale Alhamdulillah siklus haidh ana teratur (28 hari), jadi tinggal ngitung di kalender. Alhamdulillah, jadi lancar pake KB kalender.

wa fiika baarokallohu,

Anonim mengatakan...

bismillaah..
Salam kenal, umm.. Saya bunda nufaisah..

Afwan, apakah dokter yg dimaksud adalah dokter nu**? Kalo benar, bolehkah saya minta jadwal praktek beliau yang di rumahnya, sekaligus nomer telpon asistennya?

Insya alloh saya berencana mau priksa kehamilan dan berharap proses lahiran nanti dibantu oleh dokter nu**, seperti lahirannya nufaisah dulu..

Jazaakillah khoiron..

Ummu SaLaamah mengatakan...

@bunda nufaisah...,
salam kenal juga. penduduk maLang juga ya? hehehe....
iya bener, yang saya maksud di cerita ini nggak lain adalah dr.nu**

Alamat prakteknya sekarang di Jl.Cerme no.1 (daerah belakang gereja Ijen, nggak jauh dari pasar Oro-oro Dowo).
No.telp asistennya (0341) 5300777
Jadwal prakteknya sama dengan jadwal praktek beliau di Klinik Me**ti dulu, hari senin-selasa, kamis-jum'at, dimulai jam 7 malam.
selamat mencoba bunda, baarokallohu fiik

Anonim mengatakan...

trimakasih ya umm, atas infonya..

Saya sebenarnya ikut suami tinggal di depok, tp tiap hamil tua pulang ke rumah ortu di blitar. Waktu itu dsog perempuan di blitar cuma 1 dan ga selalu siap sedia di blitar..

Wafiiki baarokalloh..

Ummu SaLaamah mengatakan...

na'am, wa baarokallohu fiik,
oh, tinggal di blitar tho? tapi lumayan juga ya, kan malang-blitar 2 jam-an perjalanan, hehehe...

brarti dulu pas lahirannya nufaisah boyongan ke malang dulu donk bunda?

Anonim mengatakan...

Ummu Salamah, kebetulan saya jg cocok dg beliau pas kehamilan anak kedua, skrg nau periksa lagi sptnya sdg hamil anak keempat :)

Apa tarifnya sama dgn di klinik? boleh tahukah? Jazakillah

Ummu SaLaamah mengatakan...

Bismillah....,
tarif di praktek rumah insyaAlloh 100rb umm, klo di klinik M***ti sepertinya 120rb ya? Afwan saya lupa.

hamil anak keempat? sama ya berarti, hehehe. Baarokallohu Fiik

Anonim mengatakan...

ummu salaamah,mau tanya nih.biaya 100rb itu meliputi konsul sajakah?kalau biaya usg berapa umm?

Ummu SaLaamah mengatakan...

100rb itu sudah meliputi biaya konsul plus USG ^_^

Unknown mengatakan...

Ummu salaamah mau tanya nih. No telp asisten ato alamat prakteknya yg skrg dimana ya? Terima kasih ^_^

Ummu SaLaamah mengatakan...

@nur fadhila,
ini no telp asistennya 0341-5300777 an. mbak narsih
Alamat prakteknya di Jl. Cerme no.1
Itu sekitar daerah hutan kota, dekat dgn pasar oro-oro ombo.
Maaf baru balas ya, sudah lama nggak buka blog nih....

Unknown mengatakan...

Makasih umm.. ini saya jg baru buka. Mahal g sih umm di dokter nuke? Hehe. Soalnya saya jg baru mau coba ke dokter, kemarin msh ke bidan. Usia kehamilan saya 3bulan.

Ummu SaLaamah mengatakan...

mahal atau nggaknya sih relatif ya, hehe....karena buktinya antriannya aja masyaAllah...
tahun kemarin sih sekali kontrol + USG sekitar 100rb. Nggak tau kalo sekarang

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...