Minggu, 23 November 2014

Detik-detik Menanti sang Buah Hati - Edisi 2

Setahun setelah kelahiran mbak saLaamah, Alhamdulillah saya dipercaya oleh Allah untuk hamil lagi. Padahal...., saat itu saya dan suami masih menjalani LDR alias Long Distance Relationship loh!!!
Gak heran, saya jadi berasa mood-mood an karena jauh dari suami.
Tapi Alhamdulillah, saat kehamilan menginjak 2bulan, saya akhirnya bisa mutasi ke Malang mengikuti suami ^^

Jadi, inilah pertama kalinya saya hamil di tanah rantau

Berhubung barusan pindah, maka saya masih numpang dirumah mertua. Alhamdulillah, mertua orangnya nggak neko-neko, gak harus ini itu, dll. Tapi, teteplah saya tau diri, wkwkwk.....
Dan yang saya suka, ibu mertua saya pintar masak!!! Jadi selama hamil, saya sering dimasakin yang enak-enak sama ibu mertua *mantugaksopan

Bertambah umur kehamilan, mulai deh cari-cari info buat periksa kandungan. Awalnya, saya periksa di Puskesmas dekat rumah. Byuhh, sekali aja deh periksa disitu. Sirna sudah bayangan saya kalo bidan itu lemah lembut, sabar ngeladenin ibu hamil
*eh, nggak juga koq, saya masih percaya kalo diluaran sana masih banyak bidan-bidan berhati hangat, wkwkwk.....mungkin saya-nya aja yg blom ketemu, atau saya-nya lagi sensitif (biasa, lagi hamil), atau malah bu bidannya yang lagi PMS?! Ntahlah, hahaha.....

Akhirnya, kami survey-survey lagi, tanya ke temen tentang nakes (bidan maupun spOg) yang bagus di Malang, hingga akhirnya, saya bertemu dengan spOg yang langsung klik dengan saya. Bagaimana tidak, beliau orangnya sabar, gak sok pintar (eh, emang ada dokter sok pinter?!wkwkwk), informatif, ehm..., apalagi yak? Pokoke, sejak awal langsung jatuh hati dengan beliau.

Dan saya putuskan, ntar lahiran sama dokter ini aja !!!

Oiya...., ada pengalaman lain yang menarik saat saya hamil kedua ini. Berhubung saya dinasnya di kabupaten Malang, tepatnya di Kepanjen, maka tiap kerja saya selalu naik bus. Ngeri lah kalo naik motor, mana banyak bus-bus antar kota berseliweran. 
Pernah suatu kali, saya dan ibu-ibu rombongan kantor pada mau pulang. Kebetulan pas gak ada yg bawa kendaraan (mobil), jadilah kami naik bus. Eh, qodarullahu...., bus-nya penuh. Ya sudah, akhirnya kami 'bergelantungan' di bus deh, hehehe.....
"Gpp mbak, insyaAllah nanti anaknya kuat ya...." doa mereka. Aamiin,


Kalo dulu saya lahiran mbak saLaamah sehari setelah saya mengajukan cuti bersalin, kali ini saya justru belom ngajuin cuti!!! Nah lo....,
Jadi critanya, malam itu saya dan suami lagi diskusi masalah nama yang kelak akan kami beri ke anak kedua ini. Yang awalnya diskusi, malah jadi ngeyel-ngeyelan, wkwkwk..... yang jelas, akhirnya kami belom menemukan titik kesepakatan tentang nama.
Pagi harinya, setelah sahur (akhir Ramadhan), saya ke kamar mandi. Kagetlah saya karena tiba-tiba ada flek darah. Bingung, karena gak ada perasaan pegel-pegel terlebih dahulu, seperti saat persalinan pertama.
Oke, saya berusaha untuk tetap tenang. Saya hubungi teman kantor untuk ngajuin cuti mendadak.

Sekitar jam 8pagi, saya memutuskan untuk periksa ke bidan terdekat. Tapi kata bu bidan, kepala bayi belum benar-benar mapan untuk lahiran. Kemungkinan keluar flek darah ini masih tahap awal kepala bayi menuju proses persalinan.

Antara ragu, bingung....., saya memutuskan pulang saja dan beristirahat dirumah.
Ba'da dzuhur, saya ketiduran sebentar. Terbangun sekitar jam 1, dan lagi-lagi mendapati flek. Kali ini lebih banyak dibanding pagi tadi. Anehnya, saya belum juga merasakan mules-mules kontraksi.
Saya sms suami, dan tetep disemangati untuk sabar menunggu.
Sekitar jam 2 siang, baru deh saya ngerasa mules mulai datang. Saya sms suami lagi buat nganterin ke RSIA.

Tapi kenyataannya, suami baru nganter jam 4.30, soalnya masih ada kerjaan dikantor *dikira kantor mbah'e, hehehe.....
Nyampe di RSIA, seperti biasa langsung di-VT, Alhamdulillah udah bukaan 4. Dan langsung ditinggal suami lagi buat ngantor *balada ibu hamil kesepian
Sambil jalan mondar mandir, saya langsung teringat akan adik saya (yang memang sedang kuliah di Malang, dan kost-nya pun gak jauh dari RSIA ini). Langsung deh saya sms adik dan saya suruh nemenin. Daripada bengong sendirian yak!!

Jam 6sore, Alhamdulillah suami udah dateng lagi ke RSIA sepulang kantor.
Dikasih makan dulu (as usual), daaaan anehnya saya lahap sekali loh makannya!!! Sampe-sampe suami dan adik saya penasaran, seenak apa sih makanannya, hahaha...... *pssst, soal makanan, RSIA ini juara!

Jam 8.30 malam, saya kembali di-VT. Udah bukaan 7. Berasa koq agak lama ya (maklum kehamilan kedua ini jarang jalan kaki ~_~) bukaannya. Akhirnya saya mondar mandir deh di ruang bersalin.

Jam 9malam, udah berasa nggak kuat berdiri, dan akhirnya disuruh berbaring sembari nunggu bu dokternya datang.
5menit, 10menit, 15menit...., kenapa bu dokternya gak datang-datang yaaaa?
"Ntar gimana kalo saya brojol duluan mbak?" tanya saya sembari tertawa.
"Nggak koq bu, sabar ya....." jawab mbak asisten sambil mengelus-elus perut saya yang kontraksi.

Dan benar saja, nggak lama bu dokter datang, trus kasih aba-aba untuk mulai mengejan. Tiba-tiba....., terdengarlah suara tangis bayi.
Loh....., kapan keluarnya? Perasaan saya nggak sempet mengejan deh!!! *tepokjidat



Alhamdulillahilladzi bini'matihi tatimmush shalihat, akhirnya lahir juga putri kedua saya, naiLah.
Proses persalinannya sendiri tergolong cepat, karena saya justru nggak merasakan tekanan kuat untuk mengejan. Jadi saat kontraksi, saya hanya mengikuti iramanya dan sedikit mendorong kebawah. Ditambah lagi, naiLah saat lahir bobotnya kecil, sekitar 2,7kg (saLaamah dulu 3kg), jadi kata bu dokter lebih mudah keluarnya.

Alhamdulillah, saya bisa mempraktekkan IMD setelah bersalin dan rawat gabung, tentunya kita harus aktif untuk membicarakan hal ini dengan pihak RS. Seperti kemauan kita yang tidak membolehkan bayi terkena sufor, dll.

Alhamdulillah, persalinan kedua ini dimudahkan oleh Allah ^^


Kesimpulannya adalah,
1. Gak ada nakes yang sempurna. Walopun didalam tulisan ini seakan-akan saya nggak klop sama yang namanya bidan, tapi bukan berarti saya membenci mereka loh. Hanya saja waktu belum mempertemukan kami *tsaaaah
Buktinya, persalinan anak ke-4 saya justru dibantu oleh bidan yang aseli suabaaaar banget!! Ini hanyalah masalah waktu saja, hehehe
2. Saya kangen sama masakannya RSIA ituh!!! *curhatangakpenting ;p









2 komentar:

Arifah Abdul Majid mengatakan...

Eh, sama loh mbak kaya saya dulu lahiran di Rumah Sakit di Cilegon, makannya lahap soalnya uenak.. :) Entah beneran enak apa bawaan ibu mau lahiran dan setelah lahiran yang laper, hihi..

Ummu SaLaamah mengatakan...

wah, ternyata saya nggak sendiri ya, hehehe....
tapi kalo di saya, makanannya emang beneran enak mbak, soalnya suami juga ikutan makan hihihi....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...