Jumat, 21 November 2014

Detik-detik Menanti sang Buah Hati - Edisi 1

Saya pernah menuliskan kisah ini di blog terdahulu saya yang sepertinya telah karam di lautan, hehehe.......jadi agak males-malesan juga sebenernya. Tapi, karena sedang luang, akhirnya saya putuskan tuk menuliskan lagi kisah persalinan pertama saya di blog ini ^^



Alhamdulillahilladzi bi ni'matihi tatimmush shalihat, kehamilan pertama saya cenderung enak, nggak begitu rewel kalo kata orang-orang, cuma agak sensi dikit sama bau bawang, its okay lah!! Ngidam juga nggak. 

Tapi yang paling saya inget saat hamil tuh, mendadak saya doyan durian. Jadi critanya, saya ini paling anti makan durian, nyium baunya aja langsung pusing-pusing. Jangan tanya gimana rasanya kalo pas lagi musim durian yaaaa, dijamin sepanjang perjalanan naek angkot kekantor, saya pasti langsung tutup idung, gegara di sepanjang jalan banyak abang penjual durian, wkwkwkwk.....
Nah....., sementara suami saya maniak durian. Jadi begitu musim durian tiba, bertepatan dengan 6bulan kehamilan saya, suami langsung memborong tu durian! *tepokjidat
Ngeliat suami makan durian dengan lahapnya, pasti donk membuat saya sedikit gimana gitu, yang akhirnyaaaa......tarraaaa......., saya makan durian untuk pertama kalinya !!! Satu biji, enyaaak, dua biji, masih enyaaak......, 1 buah durian, nyanduuuu, hehehe.

Selain durian, saya juga nyandu bikin sambal pedas pas hamil. Nggak tanggung-tanggung, klo nyambel langsung 20 biji cabe rawit. Alhamdulillah, dedek di perut nggak kenapa-napa.

Berhubung ini anak pertama, pasti saya dan suami bener-bener prepare segala sesuatunya. Tiap bulan ngecek ke bidan/dokter, rajin jalan pagi (Alhamdulillah suami selalu siap nemenin), rajin minum susu, sampe nyiapin segala kebutuhan calon bayi. Kebetulan ini juga calon cucu pertama di keluarga saya, jadi orangtua juga ikut sibuk nyiapin ini itu, hihihi.....

Menjelang hari H, saya ngajuin permohonan cuti bersalin. Hari itu hari jum'at, dan rencananya senin pekan depan saya udah mulai cuti.
Karena mau libur panjang, jadi pulang kantor itu, saya dan suami nggak langsung pulang kerumah, tapi mampir jalan-jalan dulu. Biasa, nge-mall, hehehe......sekalian banyak-banyak jalan kaki biar lancar lahirannya *alesan ;p

Ba'da Isya, pas udah dirumah, saya ngerasa badan saya nggak enak, kayak capeeekkk banget, berasa dilepen (capek-capek menjelang haidh). Saya gak ambil pusing, n saya buat jalan mondar mandir di lorong rumah. Sampe saya kecapekan n akhirnya tertidur.

Tengah malam, saya kembali dibangunkan oleh rasa pegal-pegal di sekujur tubuh. Karena gak ngerti apa-apa, saya buat senam hamil aja deh, wkwkwk....kali aja tubuh jadi rileks.
Begitu rileks dikit, saya tidur. Tapi beberapa menit kemudian, saya lagi-lagi terbangun oleh rasa gak nyaman. Bingung kan yak?!
Saya melirik kesamping, sedikit iri ngeliat suami bisa tertidur pulas *ihiks....
Ya sudahlah, balada ibu hamil ini, dinikmatin ajah, semangat !!!

Sekitar jam 3 dini hari, saat masih terjaga dan mraktekkin senam hamil, saya iseng-iseng ngecek ke toilet, daaann......oh, sudah keluar bercak darah pertanda awal akan persalinan.
Seketika hati jadi dag-dig-dug gak keruan. Inikah saatnya?! *lebaymodeon

Langsung tanpa ampun mbangunin suami, ngasihtau kalo 'kemungkinan' bentar lagi saya bakal lahiran. Eehhh, malah ngelanjutin tidur lagi, hehehe.....ternyata masih ngantuk.
Akhirnya, dalam kesendirian, saya mulai menata perlengkapan yang mau dibawa ke RS, karena aslinya masih nyantai-nyantai aja, perasaan HPL masih 1-2 minggu lagi.

Pas shubuh, saya ke lantai bawah, ngasihtau orangtua kalo udah ada tanda bersalin, sekalian minta doa semoga lancar persalinannya.

Saya mulai berangkat ke RS sekitar jam 6 pagi, saat dirasa udah mulai mules-mules. Berhubung masih minim pengalaman, jadi saya blom ngerti kapan mulesnya intens atau belom. Yang tau cuma mules, ayuk dah ke RS, hehe....

Saya milih RS yang terdekat dengan rumah (kebetulan ada 2 RS, RS Polisi sama RS Pertamina, tapiii....., milih yg sesuai budget aja deh, ehem), jaraknya sekitar 1km dari rumah. Jalan kaki loh ini......, biar tambah lancar deh lahirnya. 
Jadi begitu capek atau mulesnya dateng, kita berhenti dulu, minggir sambil kipas-kipas. Begitu mulesnya ilang, lanjut jalan lagi.

Begitu nyampe di RS, lhah.....,koq masih sepi ini?! Alhamdulillah ada 1 bidan yg kebetulan jaga. Jadi begitu dateng, sambutannya langsung di-VT, huft !!!
Masih bukaan 4 kata bidan, jadi disuruh jalan-jalan dulu.

Oke..., saya dan suami memilih jalan-jalan di tepian pantai pas dibelakang RS. Lumayan 'nyelimur' rasa mulesnya. Kalo gak inget mau lahiran, saya milih nongkrong di pantai deh, hehehe.....

Sekitar jam 8, saya masuk lagi, di-VT lagi (ini kenapa ya, saya selalu deg-degan klo di-VT, bahkan hingga anak ke-4?! Susah banget merileks-kan diri). Udah bukaan 7. Alhamdulillah, ada progress.
Dikasih makan, katanya sih supaya gak lemes. Tapiiiii, ntah kenapa koq mendadak jadi ilfeel buat makan yak? Jadinya cuma makan dikit aja *dengan sedikit paksaan suami 

Jam 9 pagi, saya udah mulai gak kuat berdiri, apalagi jalan. Akhirnya sama bidan disuruh baring kekiri supaya cepet bukaan 10. Dan, masih belom boleh mengejan *huwaaaaa, nggak tahan padahal....
Alhamdulillah, selama menanti bukaan demi bukaan, saya nggak pake teriak-teriak, yang ada malah tertawa terus. Tiap ngerasa kontraksi, saya pasti langsung tertawa. Sampe mbak-mbak asisten bidannya heran, dan bilang, "baru kali ini saya liat ada orang mau ngelahirin malah ketawa ketiwi...."
Dibawa nyantai aja mbak ^^

Pas dirasa udah lengkap bukaannya, baru deh dikasih aba-aba boleh mengejan. Tapiiiii, kemana hilangnya rasa kontraksi yang sangat heboh tadi? Koq mendadak nggak ngerasa apa-apa?
Bidannya udah gak sabar, "ayo bu, kasian anaknya nanti kepalanya kejepit."

Duh bu, saya juga nggak tega, tapi saya juga nggak tau kenapa mendadak lempeng gini. Begitu kontraksi datang lagi, saya langsung mengejan sekuat tenaga. Tapiiiii....., "salah bu, bukan gitu ngejannya. Jangan di leher, tapi di bawah seperti mau pup," *mendadakmikir

Karena dirasa udah cukup lama dan bu bidan gak sabar, akhirnya saat kontraksi datang lagi, saya melihat bayangan gunting dengan sinar mengkilatnya dipegang oleh bu bidan. Dan...., tangisan bayi pun menggema di seluruh ruangan, Alhamdulillah.....

Kami beri ia nama, SALAAMAH

Plong sudah rasanya, sudah tak ada lagi rasa sakit yang tersisa saat melihat bayi mungil itu meluncur keluar dari tubuh saya. Eit, tunggu!!! Kata siapa nggak ada rasa sakit lagi?! Masih ada!! Karena saya masih harus dijahit, huwaaaa....., langsung merinding dengernya. Aseli, saya lebih memilih ngelahirinnya aja ketimbang dijahit ~_~

Walaupun begitu, saya tetap bersyukur, karena bisa melahirkan secara normal, tanpa induksi macam-macam. Sehingga pemulihannya insyaAllah nggak pake lama. Sehabis melahirkan udah bisa jalan-jalan ke pinggir pantai lagi, hehehe.....sekalian njemur mbak saLaamah.

Setelah 3hari di RS, akhirnya saya diperbolehkan pulang, Alhamdulillah.



Pelajaran dari kisah ini :
1. Latihan olah napas plus senam hamil itu perlu selama kehamilan. Kalo kita terbiasa latihan olah napas, insyaAllah membantu kita untuk me-manage napas saat mengejan
2. Usahakan makan sebelum persalinan, untuk menambah tenaga. Saya menyesal saat itu nggak makan, sehingga tenaga kurang kuat
3. Tetap tenang dan rileks saat persalinan. Jujur waktu itu saya udah tenang, nggak teriak-teriak, tapi saat bu bidan mulai nggak sabar, justru ketenangan ini luntur *tsaaaah
Tenang dan rileks juga membantu agar napas kita selalu stabil (nggak ngos-ngosan)
4. Survey nakes tempat kita berencana melakukan persalinan. Waktu itu saya blom mengerti pentingnya hal ini. Paling baik lagi bila kita ketemu bidan yang sabar, baik hati, selalu ngasih semangat, dan ngayomi *maunya,wkwkwk....



Nah...., begitulah kisah saya dalam persalinan pertama ini. Yang namanya masih pertama, pastilah masih banyak kekurangan dan masih perlu belajar lagi. Nantikan kisah selanjutnya *kalo saya lagi nggak males nulis ^^




Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...