Rabu, 26 Juni 2013

Perjalanan Menulis-ku

Hobi saya corat coret di Diary keluarga saLaamah ini, bukanlah sebuah perjalanan yang singkat. Bahkan, sebenarnya sudah dimulai sejak saya masih kecil loh !!!

Saya ingat....., dulu saat masih SD, saya senang corat coret di sebuah buku harian. Bukan buku harian yang terbilang "wah", tapi sudah membuat saya puas karena bisa menjadi sarana saya untuk menulis apa aja. Mulai dari tulisan yang nggak penting, sampe tulisan yang lebih nggak penting lagi, hehehe......, yang penting nulis deh. Itu pikiran yang ada di kepala saya.

ini beberapa koleksi buku harian saya yang masih tersimpan rapi. sisanya banyak yang sudah ntah kemana



Ditambah lagi, saya sering meng-koleksi berbagai macam kertas surat yang lucu-lucu, yang akhirnya saya pakai untuk bersahabat pena dengan teman-teman di berbagai penjuru dunia, cieeeh..... [hello...., apa kabar sahabat pena sekarang?! Masih ada nggak ya yang suka surat-suratan?! hehehe...].
Nah, menulis surat ke sahabat pena itu mendatangkan keuntungan loh. Diantaranya, kita bisa mengasah kemampuan menulis kita. Selain itu, bisa belajar bahasa asing [walopun amburadul, hehe...], dan tetep....., tuker-tukeran perangko alias Filateli. Yah, sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui ^_^

Pas di SD, tentunya kita dapet pelajaran Mengarang (Bhs Indonesia). Qodarullahu, karena saya seneng cerita, seneng nulis, plus seneng ber-imajinasi, nilai-nilai pelajaran Mengarang saya sering dapat nilai bagus [sa'jane nggak yakin-yakin banget kalo bagus, jangan-jangan emang temen-temen saya pada nggak hobi nulis, hehehe....].

Jadi pas ada perlombaan mengarang antar sekolah, saya diikutkan. Tema-nya sih sederhana [karena tingkat SD kali ya...], tentang lingkungan sekolah, dsb.
Qodarullahu karangan saya lolos hingga diikutkan ke tingkat kota. Tapi yah, cuma sampe sini aja perjuangan saya, karena di tingkat ini saya nggak lolos, walhamdulillah.... [Lha, nggak lolos koq bangga?! Soale waktu itu masih kecil kali yak, jadi nulisnya masih tergantung mood. Dan lagi, tema-nya ditentukan dan nggak sreg ^_^].

Saat SMP, candu menulis saya makin bertambah. Walopun udah agak jarang dapet pelajaran Mengarang, tapi yang bikin saya heran, saya selalu bisa mendapat perhatian dari guru Bhs Indonesia [kegeeran critanya].

Saya juga lebih produktif menulis. Kalo dulu pas SD masih nyorat-nyoret amburadul, sekarang tulisan saya lebih tertata.
Dan karena waktu itu saya masih jahil alias blom begitu paham tentang agama, plus dipengaruhi sama majalah-majalah remaja yang berseliweran, so...., saya menekuni dunia Menulis Fiksi.
Kalo pas pelajaran lagi kosong ataupun ada waktu senggang, saya lebih memilih untuk menulis sebuah cerita fiksi di kelas. Idenya udah ada di kepala, jadi langsung mengalir aja pas nulis.
Iseng-iseng [tapi tidak berhadiah], saya sebarin tulisan saya yang udah selesai dan udah ditulis rapi [beneran ditulis loh ya, bukan diketik !!!] di secarik kertas Folio ke temen-temen sekelas.
Waooow..., ternyata sambutannya lumayan antusias juga. Malah banyak yang nagih, "ayo mana lanjutannya...?!" [kebetulan saya nulis Fiksi cerbung]
Ya antara seneng dan juga kepikiran. Senang karena ternyata tulisan saya banyak yang suka, kepikiran karena saya harus buru-buru nulis lanjutannya [memangnya saya nggak butuh belajar pelajaran lain apa ya?!]
Dan buntutnya, makin banyak temen-temen saya yang juga hobi menulis, akhirnya memberanikan diri untuk menulis seperti saya ^_^v

Masa SMA, saya masih terus aktif menulis, sampai-sampai [nggak kerasa] kalo hasil tulisan saya udah segebok. Karena saya nulisnya manual dan masih memakai kertas Folio bergaris [tau kan..., yang biasa buwat pelajaran mengarang itu loh], maka nggak heran kalo banyak yang udah lecek, kumel, ada yg mau robek, bahkan ada yang lupa naruh dimana [hiks...,]. Gimana nggak, lha wong di sebar kemana-mana, dari satu tangan ke tangan yang lain, dan cuma ada satu-satunya aLias versi Original-nya !!! hehehe...,

Trus tiba-tiba sahabat karib saya nyeletuk, "kenapa nggak dikumpulin jadi 1 buku aja sih?!"
Tuing tuing !!! Good idea ! Bener juga. Kalo dijadiin di sebuah buku, paling nggak bisa meminimalisir kekurangan-kekurangan diatas.
So, saya putuskan untuk beli satu buku yang agak gedean dan tebel buat menampung segala cerita fiksi saya. Lumayan...., saya nggak perlu capek-capek meng-organisir kertas-kertas Folio itu lagi. Tapi tetep ada kekurangannya sih. Pas saya lagi ada ide buat nulis, eh buku-nya masih dipinjem sama temen. Ywd-lah..., ide-nya musti saya empet dulu di kepala, hehehe.

Selain nulis cerita Fiksi, saya juga rajin untuk menulis diary. Saat itu saya diberi oleh mama sebuah Organizer [yang saat itu lagi trend di kalangan anak Abegeh] berwarna biru matte. Bentuknya kayak binder, tapi dengan ukuran yang imut. Biasa dibawa kemana-mana, ke kantin sekolah, ke musholla, bahkan mau bobo', nggak bisa lepas deh dari barang satu ini. Kalo diibaratkan dengan anak-anak jaman sekarang, mungkin hampir sama kayak HP atau BB lah [maklum, jaman awal-awal SMA dulu HP blom tenar. Mulai nge-trend saat saya menginjak kelas 3 SMA, itupun HP yang modelnya segede balok es, hehehe...].

Nah, si Orji [panggilan kesayangan] ini bener-bener saya optimalkan sesuai dengan hobi corat coret saya. Apaaa aja saya tulis disitu. Mulai dari kegiatan sehari-hari, curhatan, schedule sekolah/les, hingga tulisan-tulisan nggak penting [lagi].


hasil corat coret saya [agak dijauhkan, malu kalo kebaca, hehehe...]

Selepas SMA...., saya disibukkan dengan ini itu hingga mood untuk menulis cerita Fiksi mandeg. Tapi, untuk menulis sebuah diary masih lanjut donk. Apalagi tiap mau bobo' saya selalu menyempatkan diri untuk menulis sesuatu.

Masa-masa kuliah. Mulai aktif ikut pengajian [masih ikut-ikutan, tepatnya], yang membuat saya bener-bener nggak ada waktu buat menulis cerita Fiksi lagi. Ditambah gak ada mood buat menulis, bahkan coretan di diary saya juga agak seret.


Dan saat mulai memasuki dunia kerja, disinilah titik balik perjalanan menulis saya. Yang dulunya saya seneeeng banget nulis cerita Fiksi, tapi setelah bener-bener menekuni ilmu agama, saya baru tau kalo menulis cerita Fiksi itu hukumnya nggak boleh, karena jatuhnya adalah Dusta. Maa syaa Alloh....,

Akhirnya, dengan memantapkan hati [cieeeh....], koleksi-koleksi tulisan saya jaman jahil itupun saya bakar. Hilang tak berbekas [uhuuuk....!].
Tapi Alhamdulillaah, saya masih diberi kemudahan oleh Alloh untuk menulis artikel-artikel agama di sebuah blog ^_^, sehingga kesukaan saya menulis tergantikan dengan kesibukan saya mengetik artikel.

Semakin kesini, saya makin rajin untuk menulis sesuatu di Diary saya. Rasanya memang aneh kalo nggak nulis, walopun [seringnya] suka nggak jelas juga ceritanya, hehehe....

Tapi karena kegiatan "tiap hari menulis" itulah, yang makin mengasah saya untuk lebih terampil berbahasa dan menuangkannya di sebuah buku harian.

Alhamdulillaah, suami sangat pengertian sekali dengan hobi saya. Kalo lagi pas jalan-jalan ke toko buku, pasti suami nawarin untuk mbeliin buku harian yang lucu-lucu. Bahkan selalu menyemangati saya untuk terus menulis, siapa tau nanti bisa dibukukan ^_^

Sekarang koleksi buku harian saya udah lumayan. Kalo lagi luang, saya sering buka-buka dan membacanya lagi. Senang karena lewat sebuah buku harian, ada sebuah peristiwa yang bisa dikenang [Setelah menikah, saya memang intens nulis diary].

And now...., jamannya dunia maya. Blog makin bertebaran. Bagi seseorang yang suka eksis dalam dunia tulis menulis, pastinya nggak mau ketinggalan kan ^_^

Mulai dari njajal Multiply, beralih ke Wordpress, trus punya domain sendiri, hingga akhirnya berlabuh ke Blogspot [ckckck...., jare orangtua => kurang penggawean, hehehe...].
Bagi saya, udah berhasil menyelesaikan sebuah tulisan [walopun cuma 1 halaman], itu rasanya udah ploooong banget ! Lha abis gimana, kalo dalam sehari saya nggak nulis, beribu-ribu ide di kepala ini [weh, ini sih hiperbola banget deh !] bisa menguap tak berbekas.
Padahal ya, setelah saya resign dan waktu banyak habis dengan anak-anak, saya kadang nggak punya "me time" buat menulis. Tau-tau udah ketiduraaan aja pas ngelonin anak-anak.
Solusinya, saya tulis ide-ide tulisan itu di sebuah organizer [saat ini nge-pink]. Nah, kalo pas luang, saya tinggal liat-liat ide di buku saku itu. Trus baru deh saya rangkai jadi sebuah tulisan.
Untuk tulisan yang isinya bersifat umum, biasanya saya nggak segan nampilin di blog. Tapi kalo tulisan/cerita yang lebih private [ehem ehem], saya hanya menulisnya di buku harian. Jangan salah...., tulisan saya yang di buku harian seringnya jauh lebih panjang dibanding yang di blog, hehehe.


organizer pink kesayangan saya yang sangat membantu untuk nyorat-nyoret ide

Hampir setiap hari saya corat coret di buku harian. Tapi bisa juga semingguan saya nggak menyentuh buku harian sama sekali. Yah...., jujur, kadang mood masih mempengaruhi saya. Kalo lagi nggak mood, mau gimanapun tetep nggak ada yang bisa saya tuangkan lewat tulisan. Sebaliknya, kalo mood-nya lancar, wah...., jangan ditanya. Berlembar-lembar halaman juga ayo !!!

Dan beberapa waktu lalu, saya menemukan sebuah forum yang mewadahi para ibu-ibu yang doyan nulis di Fb. Karena tertarik, saya daftar jadi member-nya.

Dan ternyata...., setelah ngeliat sebegitu banyaknya ibu-ibu yang suka nulis (terutama di blog), membuat saya bertambah semangat aja buat nulis-nulis lagi [akhir-akhir ini saya kena virus males nulis di diary saLaamah, jadi cuma nulis di buku harian thok!].
Dan hasilnya bisa dilihat. Tadaaa..... ! Terbitlah tulisan saya yang amburadul ini [tapi tetep Pede donk ya].
Kedepannya, saya pingiiiin banget menulis sebuah tulisan yang selain bisa dikenang [oleh saya sendiri, hehehe...], tetapi juga bisa jadi inspirasi bagi yang lain, aamiin...,




#dan rasanya seneeeng banget kalo ternyata mbak saLaamah pun punya hobi yang sama dengan saya ketika kecil. Nggak peduli buku apa itu, yang penting....., Nulis yuuuk !!!



Ditulis dengan penuh cinta di suatu malam yang sunyi [walopun badan nggak mau kompromi dan mata setengah terpejam, tapi otak masih nyuruh nulis. Keburu hangus ide-nya!]

oleh ummu saLaamah ^_^
25 juni 2013

5 komentar:

Ety mengatakan...

Subhannalloh ummu masih menyimpan diari-diari itu,telaten banget. hihihi punya saya dah saya robek-robek karena kesal

Ummu SaLaamah mengatakan...

Alhamdulillah mbak...., karena memang isinya kenangan banget, sayang kalo sampai hilang.
Tapi diary yang saya simpan ini tulisan-tulisan semenjak saya nikah. Diary sebelumnya...., ntah dimana ~_~

Unknown mengatakan...

hmmm...kok ce' telatenne seh um, punya ana wes ilang ket biyen..hehehe.kurang suka nulis sih um, lebih suka curhat langsung ke orang yg dipercaya.hmm,kadang malu juga klo baca tulisan yg dulu2, kesannya "duh tibak'e ana biyen culun juga ya".heheheheh

Ummu SaLaamah mengatakan...

hehehe...iya nih umm, ana emang lebih telaten nulis, soale kadang ada beberapa hal yg nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata (cieeeeh....) ^_^
kalo ana malah seneng loh liat hasil tulisan-tulisan ana yg dulu,

Anonim mengatakan...

Good spirit..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...