Selasa, 07 Mei 2013

[curcol] Now and Then

Kemaren kemaren, saya sempet was-was gara-gara ngerasa blom ada tanda-tanda pergerakan dari si dedek bayi di dalam perut. Padahal, udah lewat dari minggu ke-18. Perasaan (?) dulu-dulu kayaknya cepet banget deh ngerasain gerakannya si dedek.
Gara-gara itu deh, saya ketar-ketir sampe susah tidur (sambil ngelusin perut).
Hmmm...., padahal ini dah kali keempat saya hamil, tapi teteup aja hebohnya ngalahin ibu-ibu yang baru pertama kali hamil, hehehe......

Maklum, walopun ini sudah pengalaman keempat saya, tapi ini adalah kali pertama saya hamil disaat saya sudah menjadi FULL TIME MOTHER alias IBU RUMAH TANGGA.
Sebelom-sebelomnya, pas hamil saya masih kerja kantoran. Jadi nggak begitu kepikiran karena keselimur sama kerjaan kantor dan padatnya hari-hari dikantor.

But, now....., saya hamil dengan aktifitas mengasuh 3 anak dan tanpa asisten/pembantu rumah tangga. Walopun sama-sama sibuknya, tapi dulu sibuknya hanya di otak, sementara sekarang sibuknya bener-bener di fisik, walhamdulillaah 'alaa kulli haal....,


Jadi ya bisa dipastikan. Hamil yang sekarang ini, saya kurang bisa menjaga asupan makanan karena kadang lebih mentingin makannya anak-anak (dan lupa sama dedek bayi yg di perut), suka lupa minum susu (ibu hamil) padahal dulu saya rutiiiiin banget minum klo pas hamil & menyusui, suka lupa kalo lagi hamil (lhah ??!@#), hehehe......., 


Masalah makan, kali ini juga saya agak rewel, nggak kayak kehamilan sebelom-sebelomnya. Tapi Alhamdulillah, saya masih doyan maem buah dan roti, jadi lumayan buat pengganti nasi.


Dan...., inti dari itu semua adalah pertanyaan dari suami yg bikin saya melongo,

"dek...., koq malah jadi makin kurus?"
dueeeeeng !!!!! makin kurus? yang bener? (aseli, kalo lagi nggak hamil, saya pasti langsung  jejingkrakan). Tapi ini kan lagi hamil, hiks....,
Beneran rada shock sih, karena emang pas ngaca (ketauan deh jarang ngaca, hohoho...) keliatan rada kurus. Hmm, alamat deh bakal dikomplain sama dokter lagi ;p

Pfuuuh, jadwal kontrol ke dokter masih seminggu lagi. Masih ada waktu buat nggemukin badan lagi, plus ngasih asupan nutrisi buat si dedek bayi. Semangadh !!!

[langsung cek kulkas, kali-kali aja ada cemilan yang bisa dimakan. Keburu diabisin sama Ukasyah, hehehe....]

6 komentar:

Ummu Aisyah mengatakan...

Ana juga mengalami masalah penurunan berat badan yang cukup serius um (turun 10 kg dalam 6 bulan terakhir), ini rekor berat badan terendah ana setelah sebelumnya dipegang saat2 trimester awal hamilnya Aisyah, heuheu..

Padahal waktu hamilnya Aisyah ana muntah2 terus n sekarang ga ada muntah sama sekali, Wallahu a'lam kenapa bisa bekurus terus. Sarannya Ummu Hana c ana disuruh diet tinggi protein dan karbohidrat, terus konsumsi timun+kurma untuk membantu menambah berat badan.

Semoga resepnya Ummu Hana bisa diterapkan juga buat ibu hamil. Tapi coba ditanyakan ke beliau dulu aja um, khawatirnya ada penanganan khusus buat ibu hamil.

Moga dedeknya dan umm sekeluarga sehat selalu ya...

Baarokallahu fiik.


Ummu SaLaamah mengatakan...

masyaAlloh...., turun 10kg umm? beneran?
hmmm, coba selain masalah makanan, anti lebih rileks. Soale ana biasanya gitu, klo ada masalah ato sesuatu yg bikin pusing, ujung-ujungnya BB turun ato nggak naik-naik.
Anti udah mraktekkin sarannya ummu hana?
klo ibu hamil, biasanya kan nggak boleh diet ya, hohoho.....
tapi klo konsumsi kurma, insyaAlloh masih bisa lah.

Tapi ya itu tadi, (mungkin loh) karena tubuh ana diforsir dengan berbagai aktifitas harian rumah tangga, sampe lupa makan dsb, itu yg bikin BB ana turun. Jadi ya pingin juga sesekali manjain diri seperti pas kehamilan saLaamah dulu, hehehe....

aamiin, jazakillah khoyron umm
wa fiika baarokallohu

Hanifatunnisaa mengatakan...

Iya um, turun 10 kg dari berat badan normal. Um ada tips biar bisa relaks? Soale walau dah mencoba bersikap nyantai, kepalanya masih susah diajak kompromi alias masih suka pusing, hehe...

Maksudnya diet tinggi protein dan karbohidrat itu mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung banyak protein dan karbohidratnya um, begitu kata Ummu Hana. Mungkin porsinya diperbanyak dibanding sayuran dan buah2an um. Wallahu a'lam. Kalau lagi hamil emang kadang susah maksaian makan2an tertentu ya um. Ana aja dulu walau dah dapat makanan yang kepengen dimakan teteup kemuntahin juga..hehe..

Iya um, mungkin um butuh istirahat banyak juga. Um masih cuci baju pake tangan kah?

Ummu SaLaamah mengatakan...

hmm..., tips-nya..., apa ya? hehe, ana juga bingung. Ya pokoke kita men-sugesti otak kita kalo semuanya bisa dijalani dengan mudah, insyaAlloh.

iya umm, selama hamil kan kadang suka pilih2 makanan ya.
Ada yg nyuci pake mesin, ada juga yg nyuci pake tangan umm (biasanya kayak seragam biru-nya suami, ato pakaian yang warna putih)

Na'am..., mencoba istirahat di tengah2 teriakan anak-anak, hehehe....walhamdulillah...

Ummu Aisyah mengatakan...

O... begitu ya um. Mohon do'anya juga ya umm biar ana ga mudah stress ~senyum~

Alhamdulillah kalau kegiatan cuci mencucinya sudah dibantu mesin. Ana ga kebayang kalau Um mencuci semua baju dengan cara manual, hehehe...

Anak-anak anti rame2 juga ya? Dikirain Aisyah n sepupunya aja yang suka biqin keributan. ~senyum~

Oia um, ana izin copas artikel yang Menyikapi Kesalahan Anak ya... Ana juga pernah baca artikel itu di Majalah Tashfiyah, tapi mempraktekannya memang tidak semudah membacanya ~Allahumma inni a'udzubika min 'ilmin laa yanfa'...~. Syukron telah diingatkan kembali. Subhanallah, di tengah kesibukan anti masih sempat saja menuliskan saduran. Semoga dicatat oleh Allah sebagai amalan yang pahalanya senantiasa mengalir walau kita tlah meninggalkan dunia. Aamiin.

Jazaakillahu khairan
Wa baarokallahu fiik

Ummu SaLaamah mengatakan...

aamiin.....,

hehe, kalo semuanya manual juga nggak kuat umm, pakaian 5 orang dalam sehari udah menggunung.
Ya..., yg namanya anak-anak pasti rame lah umm, kadang suka bikin ruwet, tapi ya ngangenin, hehe...
Na'am, tafadhol ukhti..., Alhamdulillah masih sempet ngetik2 (kalo anak2 pada tidur).

aamiin, wa fiika baarokallohu

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...