Sabtu, 08 September 2012

saLaamah's Favorite Books ==> Siroh !









==> ini dia penampakan buku favorit-nya mbak saLaamah

Tak bisa dipungkiri, kemampuan membaca di usia dini bisa merangsang pertumbuhan minat baca pada diri anak. Itu yang saya temui pada mbak saLaamah. Di usianya yang 4 tahun (saat duduk di bangku TK A), Alhamdulillah mbak saLaamah udah bisa membaca.

Sejak saat itu, hampir semua bacaan dia lahap, mulai dari bacaan anak seusianya, sampai tulisan judul-judul di koran bekas ia baca. Kalo dulu ia hanya bisa membaca tulisan yang font-nya gede-gede, sekarang tulisan yang kecil-kecil seperti tulisan di koran pun bisa.



Saya akui, mbak saLaamah emang kecanduan membaca. Nggak hanya itu, semua kosakata yang baru pun ia temui lewat kebiasaannya membaca.
"Ummi..., artinya menyongsong apa sih?"
"Fulan itu siapa sih, mi?"
adalah contoh pertanyaan-pertanyaan yang ia ajukan selama proses membaca itu.

Sekarang, mbak saLaamah udah mulai pilih-pilih bahan bacaannya. Dia bahkan punya buku favorit yang teruuuus diulang-ulang (sampe lecek, hehehe....).
Buku itu, yakni kitab Siroh Shahabiyah dan Siroh Shahabat.
Emang sih, ini bukan buku bacaan yang dikhususkan untuk anak-anak. Tapi mbak saLaamah seneng banget baca sejarah-sejarah kayak gini. Sampe-sampe...., tiap pulang sekolah, yang dibuka duluan malah buku ini, ketimbang buku pelajarannya, hihihi.....

Kalo buku Siroh Shahabiyah sebenernya udah bolak-balik tamat trus diulangin lagi. Setelah itu, dia bingung, milih Siroh Shahabat atau Siroh para Nabi (Qoshosh al-Anbiya') dulu yang mau dibacanya. Akhirnya, dia milih Siroh Shahabat.

Saya pribadi nggak masalah...., toh itu bukan buku yang dilarang oleh agama, seperti hal-nya buku-buku dongeng untuk anak-anak. Dan lagi, buku yang dibaca pun bisa mengenalkan sepak terjang para shahabat Nabi sholallohu 'alaihi wasallam. Semoga mbak saLaamah bisa meneladaninya, aamiin...,

2 komentar:

Tami Ummu Shafiyya Tsabita mengatakan...

mbak Anggi.... kangeeen...
huhuhu..qadarullah no hape anti ilang je..huhuhuhu
FB udah ga aktif ya?

Ummu SaLaamah mengatakan...

sama ukhti..... keifa haaluk?
na'am, ana udah gak Fb-an lagi, hehehe...,
klo mau kontakan via email aja ukh, di ummusalamah2@gmail.com ya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...