Jumat, 09 Desember 2011

Nggak punya TV ? nggak masalah....

Sejak sedari awal menikah dengan suami, kami berdua memang ber-Komitmen untuk TIDAK MEMILIKI TV di rumah. Banyak hal yang melatarbelakangi sih, tapi memang yang paling utama, adalah karena pengaruh dari TV itu sendiri !!!

Dimulai dari tayangan-tayangan yang tidak bermutu, seperti kartun anak-anak yang mengajarkan kekerasan, atau malah kesyirikan. Lalu sinetron-sinetron yang “hanya” mengajarkan cinta semu atau hal yang (rata-rata) tidak baik kita konsumsi. Kemudian berita-berita yang menampilkan aksi kriminalitas secara vulgar. Belum lagi iklan-iklan yang (sebagian besar) mengajak kita pada gaya konsumerisme !!!



Memang, saya tidak menafikan ada sebagian tayangan pada TV yang juga kita butuhkan, seperti berita, atau program sosial, dll. Tapi…melihat betapa gencarnya pengaruh buruk (terutama untuk anak-anak), akhirnya saya dan suami memilih untuk tidak memiliki TV.

Ketinggalan berita ??? nggak usah takut ! Toh kami masih bisa membaca berita lewat akses internet ^^

Ketinggalan wawasan ??? biasa aja…..toh kami banyak mengikuti milis yang memang berguna untuk menambah wawasan kami. Mulai dari milis Agama (penting nih!!), milis sekolah menulis, hingga milis seputar parenting. Komplit kan?

Alhamdulillah…, saLaamah dan naiLah nggak pernah protes atau mempertanyakan keadaan ini. Yang bikin was was, kalo pas temen mainnya dateng ke rumah, biasanya suka nanya gini, “koq saLaamah nggak punya TV sih? aku aja punya 2 TV dirumah!!” weks….

Atau…ada kejadian lain, suatu waktu, rewang tetangga sebelah main ke rumah saya, pas celingak-celinguk (entah apa yg dicari), dia komen gini, “sampeyan nggak punya TV tah mbak? nggak stress kah? kalo aku nggak bisa kalo nggak ada TV…rasanya boseeen dirumah…” masyaAlloh…..

yah, begitulah memang kondisi kalo kita terlalu “kecanduan” barang bernama TV. Hidup berasa “hampa” kalo sekejap mata tidak ditemani oleh TV.

Tapi..memang saya benar-benar bersyukur karena anak-anak tidak ada yang terbiasa mengonsumsi TV. Tidak ada yang hapal dengan tokoh2 kartun, tidak ada yang merengek-rengek minta dibelikan jajan ini-itu, tidak ada yang hapal nyanyian2, dan yang pasti……mereka lebih kreatif menciptakan mainan baru dirumah ^^ Subhanalloh,,,

So…, nggak punya TV di rumah ??? ya nggak masyalah !!!
26.03.2010

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...