Sabtu, 10 Desember 2011

Are You a Coffeeholic ?


Yes, I am ! Paling nggak, untuk saat ini saya termasuk maniak kopi. Bukan kopi hitam yang aromanya khas, tapi cenderung ke Kopi Susu yang lebih ringan rasa kopinya (hehehe...ngeles).

Awalnya, saya nggak terlalu suka dengan Kopi. Bahkan, keluarga saya bukanlah pecinta Kopi. Di keluarga kami lebih sering tersaji segelas Susu (no coffee, no tea).



Saat saya masih bekerja, saya juga membatasi rutinitas "ngopi sambil kerja" hanya 3x seminggu. Biar nggak ngantuk, itu yg sering jadi alesan.
Tapi..., sewaktu saya jadi Full Time Mother, segalanya berubah...
kalo udah banyak tumpukan kerjaan (ya nyuci-lah, nyetrika-lah, ngepel-lah), saya mendadak pusing, ujung-ujungnya saya minumin Kopi Susu. Alhamdulillah, pusingnya berkurang. Lama kelamaan, saya malah jadi nyandu sama Kopi Susu !!!

Emang sih, saya nggak ngerti apa korelasi antara PUSING/SAKIT KEPALA dengan MINUM KOPI, yang saya tau tuh, kalo Kafein dalam Kopi itu bisa mencegah ngantuk untuk sementara waktu (kalo bener2 ngantuk kayaknya tetep bablas tidur deh walopun dicekoki kopi, hahaha...).

Gara-gara penasaran sama si Kopi, akhirnya saya telusuri ke Wikipedia. Yups, Kafein dalam Kopi memang membantu tubuh agar tetap terjaga dan meningkatkan konsentrasi walopun tidak signifikan.
Sementara, batas aman konsumsi Kafein kedalam tubuh adalah 100-150mg per harinya (Kandungan kafein dalam secangkir Kopi adalah 85mg).

Yah...meskipun aman minum Kopi tiap harinya (asal 1hari hanya secangkir kopi!!!), tapi perlu diingat, yang berlebih-lebihan mestinya dihindari.
Lebih baik minum Air Putih dibanding Kopi (menyemangati diri sendiri, Fighting!) ^_^v

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sama umm.. ana tuh juga suka ngopi..
kayaknya bisa bikin relax gitu.. slain kopi, coklat juga hehe..

ana batesin siy, sminggu sekali.. itupun kadang ngumpet2 ngopi di kantor, soalnya kalo zauji tau keseringan ngopi bisa dijewer wekekek..

setau ana efek negatipnya tu mempercepat kerja jantung, jadi ya temtu saja konsentrasi kita bertambah, imbasnya jantung berdetak lebih cepat.. cmiiw

benul.. benul.. kayaknya mending minum air putih aja, tp kok kurang manteb ya umm, enakan ngopi hihihi.. teteupp..

Ummu SaLaamah mengatakan...

bener....teteup enakan ngopi (nyari temen, hehehehe)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...