Senin, 08 Juni 2015

Semuanya karena Rahmat Allah



"Ketika Allah telah memilihkan untukmu jalan hidayah-Nya, bukanlah engkau beda dengan yang lain...
atau bukan pula karena ketaatan darimu...!
Bahkan, hidayah itu rahmat dari Allah yang meliputimu
Bisa jadi Dia mencabutnya darimu sewaktu-waktu.
Karena itu, jangan engkau tertipu dengan amalanmmu...,
dan juga ibadahmu.
Jangan engkau meremehkan orang yang tersesat dari jalan-Nya !!!
Kalau bukan rahmat dari Allah kepadamu, maka engkau akan menempati posisinya."
-Faedah dari Ustadz Badar Mahri, Malang-


Saya baca nasehat yang dikirimkan via Whatsapp ini, berulang-ulang. Nasehat yang jujur terkadang menghampiri seseorang yang sudah lama 'ngaji', sudah berpakaian syar'i.
Sehingga lantas terbersit rasa sedikit meremehkan orang-orang yang belum tersentuh hidayah, atau meremehkan orang-orang yang futur, atau meremehkan orang-orang yang dianggap menyimpang, atau bahkan meremehkan orang-orang yang baru saja ikut 'ngaji'. Wal'iyadzubillah....

Saudariku, lihatlah bagaimana keadaan kita dulu sebelum mengenal hidayah. Lihatlah bagaimana keadaan kita saat belum mengetahui mana yang haq dan mana yang batil, mana yang sunnah dan mana yang bid'ah. Kita belajar kesana kemari mencari kebenaran itu, dan HANYA karena rahmat Allah saja-lah..., bila kita akhirnya paham akan ilmu agama.

Maka, perbanyaklah doa memohon kepada Allah agar dikaruniakan keistiqamahan, pegang erat-erat hidayah itu. Namun, janganlah memandang rendah orang-orang diluar kita. Bisa jadi, mereka juga sedang dalam perjalanan menjemput hidayah. Bisa jadi, hati mereka belum diketuk oleh hidayah. Bisa jadi pula, orang yang kita anggap biasa-biasa saja, justru memiliki amalan yang luar biasa.

Sekali lagi, janganlah meremehkan saudara-saudara kita di 'luar' sana, karena ini semua belum berakhir...., , dan kita tidak tahu bagaimana kesudahannya.
Jauhilah perasaan 'ujub dari dalam hatimu, karena dengan rasa 'ujub itulah Allah bisa mencabut hidayah itu darimu.
Nas'alullaha al 'afiyah was salaamah.


#selfreminder

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...